Cara Menggunakan System File Checker di Windows


File pada sistem Windows bisa rusak dan hal ini bisa terjadi sewaktu waktu. Hal ini akan menciptakan masalah di dalam OS itu sendiri tentunya menjadi sebab sebar dari ERROR pada sistem Windows. Windows 10 memiliki ( tool ) alat yang yang dapat membantu pengguna untuk memeriksa file sistem windows yang rusak atau hilang dan juga mengembalikan file tersebut ke asalnya.

Ini adalah alat disebut System File Checker. Mungkin lho…Anda akan memiliki beberapa kesulitan dalam melakukan scan System File Checker pada PC Anda karena beberapa fungsi Windows mungkin tidak bekerja seperti yang diharapkan.

Jadi, lebih baik untuk memeriksa sebelum melakukan scanning.

Cara Melakukan Scanning dengan System File Checker - SFC:

Berikut cara menggunakan Tool SFC, cukup ikuti petunjuk dengan benar seperti yang disebutkan di bawah ini.

1. Masuk ke Command Prompt dengan mengklik kanan pada ikon start menu. Pilih Command Prompt (Admin) pada daftar. Anda juga dapat menggunakan navigasi ke command prompt dengan menggunakan tombol shortcut Win + X kemudian, pilih.

Cara Menggunakan System File Checker di Windows

2. Setelah masuk ke Command prompt, ketik perintah berikut ini untuk menjalankan scan System File Checker. Pastikan bahwa Anda tidak membatalkan proses ini dan menunggu hingga selesai.

Perintahsfc / scannow

Tekan Enter pada keyboard setelah mengetik perintah di atas. Ini akan mulai proses scanning file rusak atau hilang pada PC Anda.

Cara Menggunakan System File Checker di Windows

Bagaimana Apakah perintah ini bisa Scan PC Anda?

Perintah ini bermanfaat bagi Anda yang memiliki beberapa masalah yang berkaitan dengan file korup pada PC. Perintah di atas akan melakukan scanning semua file sistem yang dilindungi dan menggantikan file rusak dengan salinan cache yang terletak di folder dikompresi ( compressed folder )  C: \ Windows \ System32 \ dllcache.
Hasil SFC Scan:

Setelah proses selesai 100%, jika semuanya berjalan dengan baik, Anda akan mendapatkan pesan berikut Windows Resource Protection did not find any integrity violations seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.


Cara Menggunakan System File Checker di Windows

Jika SFC Pindai menunjukkan pesan berikut Windows Resource Protection found corrupt files and successfully repaired them. Rincian termasuk dalam cbs.log% WinDir% \ Logs \ CBS \ cbs.log, maka Anda dapat memeriksa rincian menggunakan metode berikut sepperti yang dijelaskan di bawah.

Arahkan ke Command Prompt dan ketik baris kode berikut diikuti dengan Enter Key pada Keyboard.

findstr /c:”[SR]” %windir%\Logs\CBS\CBS.log >”%userprofile%\Desktop\sfcdetails.txt”

Teks pada akhir atas perintah yaitu txt berisi rincian seluruh jadwal SFC memindai dilakukan pada PC dengan tanggal dan waktu. Buka file sfcdetails.txt dari desktop dan Anda dapat melihat rincian scan.

No comments

Powered by Blogger.